Saat ini di Aceh terdapat dua jenis kopi yang di budidayakan adalah kopi Arabica dan kopi Robusta. Dua jenis Kopi Gayo Aceh yang sangat terkenal yaitu kopi Gayo (Arabica) dan kopi Ulee Kareeng (Robusta). Untuk kopi jenis Arabica umumnya dibudidayakan di wilayah dataran tinggi “Tanah Gayo”, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues, sedangkan di Kabupaten Pidie (terutama wilayah Tangse dan Geumpang) dan Aceh Barat lebih dominan dikembangkan oleh masyarakat disini berupa kopi jenis Robusta. Kopi Arabica agak besar dan berwarna hijau gelap, daunnya berbentuk oval, tinggi pohon mencapai tujuh meter. Namun di perkebunan kopi, tinggi pohon ini dijaga agar berkisar 2-3 meter. Tujuannya agar mudah saat di panen. Pohon Kopi Arabica mulai memproduksi buah pertamanya dalam tiga tahun. Lazimnya dahan tumbuh dari batang dengan panjang sekitar 15 cm. Dedaunan yang diatas lebih muda warnanya karena sinar matahari sedangkan dibawahnya lebih gelap. Tiap batang menampung 10-15 rangkaian bunga kecil yang akan menjadi buah kopi. 

Dari proses inilah kemudian muncul buah kopi disebut cherry, berbentuk oval, dua buah berdampingan. Kopi Gayo merupakan salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo. Perkebunan Kopi yang telah dikembangkan sejak tahun 1908 ini tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kedua daerah yang berada di ketinggian 1200 m dari permukaan laut tersebut memiliki perkebunan kopi terluas di Indonesia yaitu dengan luas sekitar 81.000 ha. Masing-masing 42.000 ha berada di Kabupaten Bener Meriah dan selebihnya 39.000 ha di Kabupaten Aceh Tengah. Gayo adalah nama Suku Asli yang mendiami daerah ini. Mayoritas masyarakat Gayo berprofesi sebagai Petani Kopi.

Varietas Arabica mendominasi jenis kopi yang dikembangkan oleh para petani Kopi Gayo. Produksi Kopi Arabica yang dihasilkan dari Tanah Gayo merupakan yang terbesar di Asia Kopi Gayo merupakan salah satu kopi khas Nusantara asal Aceh yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan di dunia. Kopi Gayo memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Kebanyakan kopi yang ada, rasa pahitnya masih tertinggal di lidah kita, namun tidak demikian pada kopi Gayo. Rasa pahit hampir tidak terasa pada kopi ini. Cita rasa kopi Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa rasa kopi Gayo melebihi cita rasa kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika. Kopi Gayo Aceh Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. 

Di daerah tersebut kopi ditanam dengan cara organik tanpa bahan kimia sehingga kopi ini juga dikenal sebagai kopi hijau (ramah lingkungan). Kopi Gayo disebut-sebut sebagai kopi organik terbaik di dunia.

3 komentar

  1. Unknown Says:
  2. kupie ule kareng dan kopi gayo memang sangat nikmat, ditambah lagi dengan tepat y nyaman, seperti artikel ini http://www.dokterjalanan.id/2015/12/keude-kupie.html

     
  3. james dhor Says:
  4. Trik Menang Domino99
    Cara Menang Domino99
    Tips Curang Domino99
    Trik Curang Domino99
    Cara Curang Domino99
    Tips Menang Domino99

     
  5. iceria Says:
  6. sejarah kopi gayo ceh lengkap !! kunjungi
    https://makanyok.com/2019/11/20/tentang-kopi-gayo-aceh/

     

Posting Komentar

  • Replace This Text With Your Featured Post 1 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 2 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 3 Description.
  • Replace This Text With Your Featured Post 4 Description.
Merza Feriansyah. Diberdayakan oleh Blogger.
    Ahmad Merza Feriansyah SE.i
    Laki-laki, 26 tahun
    Surabaya, Indonesia
    Pengusaha Kopi Gayo Aceh, Your Partner in Java Coffee, Supplier and Distributor Coffee PIN BB 31290329 | 0857.0607.1110
    Flexi : 031-72969021
    Alamat : Jln. Raya Jambangan No. 171 Surabaya

    DAFTAR HARGA KOPI

    DAFTAR HARGA

    JENIS KOPI GAYO ARABICA 100% ASLI:
    Kopi Sangrai/Bijian : Rp 140. 000/ Kg
    Powder (Bubuk) : Rp 150. 000 /Kg

    JENIS KOPI GAYO ROBUSTA 100% ASLI:
    Kopi Sangrai/Bijian : Rp 140. 000/ kg
    Bubuk : Rp 150. 000 /Kg

    KOPI LUWAK TERNAK :
    Bubuk : Rp. 650.000 /Kg

    KOPI LUWAK LIAR HUTAN 100% ASLI :
    Bubuk : Rp 700.000 /Kg
    JUAL KEMASAN ALUMINIUM FOIL :
    Kemasan Aluminium Foil : Rp 90.000 /Kg
    Note :

    1. Barang dikirim menggunakan pelayanan regular via Tiki JNE Pos Indonesia
    2. Barang dikirim setelah ada report Transfer
    3. Harga diatas sewaktu-waktu bisa berubah dan bisa nego.
    4. Pengiriman minimal diatas 3Kg.....

    Artikel Kopi

    1. Sejarah Kopi Gayo
    2. Manfaat Kopi Gayo

    3. Jenis Kopi Gayo Aceh

    Chat Box